HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MUNCAK KABAU KECAMATAN BUAY PEMUKA BANGSA RAJA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.58231/jkbh.v16i02.198Keywords:
Kehandalan (x1), Daya Tanggap (x2), Jaminan (x3), Empati (x4) ,Bukti Langsung (x5) dan Kepuasan Pasien (y).Abstract
Rendahnya kualitas pelayanan kesehatan menyebabkan angka kematian tiap tahunnya meningkat bahwa 5,7 hingga 8,4 juta orang meninggal di Negara berpendapatan rendah dan menengah, yang mewakili hingga 15% dari total kematian di Negara ini. Kualitas pelayanan yang buruk dapat mengakibatkan hilangnya produktivitas masyarakat di suatu Negara sehingga dapat diperkirakan akan mengalami kerugian sebesar 1,4 hingga 1,6 terliun setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di wilayah kerja Puskesmas Muncak Kabau. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang berobat pada bulan Juni 2021 sebanyak 620 responden. Sampel sebanyak 237 responden dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling dengan menggunakan rumus slovin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Penelitiani telah dilaksanakan pada tanggal 30 Mei s.d 21 Juni 2023. Hasil penelitian ini ada hubungan kehandalan (p value 0,001), daya tanggap (p value 0,000), jaminan p value (0,000), empati (p value 0,000) dan bukti langsung (p value (0,023) dengan kepuasan pasien rawat jalan di wilayah kerja Puskesmas Muncak Kabau. Saran pihak Puskesmas Muncak Kabau terus meningkatkan kualitas Layanan Keperawatan dengan dapat meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan pasien dan keluarga pasien sehingga lebih banyak informasi yang dapat digali dari pasien mengenai layanan keperawatan yang ada di Puskesmas Muncak Kabau, diantaranya dengan membuat kotak saran.
References
Atmadjati, A. (2018). Layanan Prima: Dalam Praktik Saat Ini. Penerbit CV Budi Utama.
Ayu Shilvira dkk (2023) “Pengaruh Kepuasan PasienTerhadap Minat Kunjungan Ulang di Ruang rawat inap RSU Bina Kasih Medan. http://publish.ojsIndonesia.com/index.php/SI
ONTAN Bahrani (2022) Kualitas Layanan Perguruan Tinggi : Komponen Dan Metode. Penerbit Syah Kuala University Press, Aceh
Barata, A.A. (2014) Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Badan Penerbit PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.
Darus, M., Milwati, S. and Maemunah, N. (2018) ‘Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Dinoyo Kota Malang’, Nursing News, 3.
La Ode & Sulima (2020) "Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bau Bau. http://jurnal.poltekesmamuju.ac.id/index.php/m
Nursalam, D. and Nur, M. (2014) ‘Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4’, Salemba Medika [Preprint].
Permenkes (2016) ‘Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Bidang Kesehatan, Serta Sarana Dan Prasaranan Penunjang Subbidang Sarpras Kesehatan Tahun 2016’.
Permenkes (2022) ‘Indikator Nasional Mutupelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter’.
WHO (2021) ‘Patien Satisfaction and Experience at Migrant Health Centers in Turkey’.
UPK Kemenkes (2021). Laporan Tahunan Unit Pelayanan Kesehatan. UPK Kemenkes.go.id
Hermanto, D. (2010). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di RSUD Dr. H. Soemarnososroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. (Tesis). Universitas Diponogoro.
Munijaya, G. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. EGC.
Rizal, A., & Riza, Y. (2014). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Bp.Gigi Puskesmas Kelayan Dalam Kota Banjarmasin. Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1). Https://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/ANN/Article/View/105
Yohana, A. (2009). Analisis Harapan Dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Penyakit Dalam Terhadap Mutu Pelayanan Dokter Spesialis Di Rsi Sunan Kudus [Universitas Diponegoro]. Http://Eprints.Undip.Ac.Id/16495/1/Antin__Yohana.Pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adip Maryadis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.