FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN PERAWAT DI RUANG PENYAKIT DALAM RSUD PALEMBANG BARI TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.58231/jkbh.v16i01.245Keywords:
Kepuasan Pasien, Pelayanan PerawatAbstract
Suatu pelayanan kesehatan dikatakan bermutu apabila mampu menimbulkan kepuasan bagi pasien yang dilayaninya. Kepuasan pasien tidak hanya dilihat dari bagaimana sarana dan prasarana yang tersedia pada pelayanan kesehatan namun juga melihat bagaimana perawat melayani pasien dengan baik sesuai dengan kompetensinya. Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan perawat di rumah sakit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian cross-sectional. Populasi adalah seluruh pasien di Ruang Penyakit Dalam RSUD Palembang BARI berjumlah 871. Sampel berjumlah 89 yang diambil tengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 27 Juni sampai dengan 25 Juli 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien secara keseluruhan dinyatakan ada hubungan antara umur (p=0,000), jenis kelamin (p=0,000), pendidikan (p=0,048), pekerjaan (p=0,000) terhadap kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat ditingkatkan dipelayanan dimensi tangibles, dimensi reliabillity, dimensi responsiveness, dan dimensi empaty. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahawa ada hubungan tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan perawat di Ruang Penyakit Dalam RSUD Palembang Bari. Diharapkan pihak rumah sakit dapat meningkatkan keterampilan dan motivasi kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan mempertahan kan kualitas yang sudah baik, kepuasan dapat tercapai secara maksimal agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan.
References
Andoko, Hendri N, Dewi N. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Way Halim Kota Bandar Lampung Tahun 2018. Holistik Jurnal Kesehatan. 12 (2) 92-102. https://doi.org/10.33024/hjk.v12i2.172
Dewi, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 535-544. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/79
Ismuntania, Kartika. (2020). Hubungan Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Penyakit Dalam Wanita RSUD Tgk. Abdullah Syafi’i Beureunuen Kabupaten Pidie 2020. Jurnal Real Riset 2(2) 88-96. https://doi.org/10.47647/jrr.v2i2.180
Juwita, G. S., Marlinae, L., & Rahman, F. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2), 49–56. https://doi.org/10.20527/jpkmi.v4i2.3841
Kemenkes RI. (2006). Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 279/MENKES/SK/IV/2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Upaya Keperawatan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas. Jakarta.
Maryana, Maryana, & Christiany, M. (2022). Hubungan Aspek Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Citra Delima Scientific Journal of Citra Internasional Institute, 5(2), 105–112. https://doi.org/10.33862/citradelima.v5i2.262
Muninjaya, Gde A. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Nababan MC, Renny Listiawati, Novi Berliana. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi : Jambi. https://doi.org/10.22437/jkmj.v4i2.10565
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta.
Rianasari, V. (2020). Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi kasus pada Puskesmas Kotagede I). Jurnal E-Bis, 3(1), 76 - 83. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i1.205
RSUD Palembang BARI. (2022). Profil RSUD Palembang BARI. Palembang.
Sabela Hasibuan, A., & W Siburian, M. (2019). Sikap Petugas Terhadap Pengisian Rekam Medis Rawat Inap di Rumah Sakit Sinar Husni Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 3(1), 363-369. https://doi.org/10.52943/jipiki.v3i1.50
Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(2), 116-126. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317
Tulumang, Stefanus J., et al. (2015). Tingkat Kepuasan Pasien atas Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam (Interna) di RSU Prof. R.D Kandou Malalayang-Manado. JIKMU 5(5) 546-556.
Umam, C, Lilis M, Husnah M. (2019). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Metode Ipa (Importance Perfomance Analysis) Di Puskesmas Bogor Tengah Kota Bogor Tahun 2018. Jurnal Promotor 2(1) 7-19 https://doi.org/10.32832/pro.v2i1.1784
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ineska Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.